Contact Us

Name

Email *

Message *

Mengapa Anda Merasa Ngantuk Setelah Makan Siang?

Mengapa Anda Merasa Ngantuk Setelah Makan Siang?



Sering merasa ngantuk seusai makan siang? Penasaran apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh anda sehingga memicu timbulnya rasa ngantuk ingin tidur pasca makan siang? Berikut penjelasannya.

Jam-jam setelah makan siang, biasanya adalah masa-masa yang paling susah dilewati. Walaupun malam sebelumnya kita sudah cukup tidur, tetap saja kita merasa mengantuk. Ada dua hal yang menyebabkan kita merasa ingin tidur siang :

1. L-Tryptophan

L-Tryptophan adalah asam amino yang menjadi bahan dasar terbentuknya niacin, vitamin B. Niacin sendiri akan dipakai untuk membuat serotonin, zat penghantar sinyal di otak yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan menyebabkan kita jatuh tertidur.

Makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin, yang akan menyimpan makanan dalam tubuh. Beberapa asam amino lain yang tadinya terkandung di dalam darah bersama-sama dengan L-Tryptophan, akan masuk ke dalam sel otot. Akibatnya, akan terjadi peningkatan pada konsentrasi relatif L-Tryptophan dalam darah dan serotonin yang terbentuk membuat kita mengantuk.

2. Proses pencernaan makanan

Tubuh akan mengirimkan darah ke sistem pencernaan karena proses pencernaan membutuhkan energi yang cukup besar, apalagi kalau makanan yang perlu dicerna mengandung banyak lemak. Energi yang diperlukan juga akan semakin bertambah besar seiring dengan semakin banyaknya makanan yang kita konsumsi. Pada saat ini, sistem saraf juga menyumbangkan sebagian stok darahnya dan sebagai akibatnya, sistem saraf akan mengalami kekurangan oksigen untuk sementara. Menurunnya efektivitas kerja saraf pada saat sistem pencernaan bekerja inilah yang juga membuat kita ingin tidur siang.

Lalu Bagaimana Tipsnya agar Tidak Mengantuk Setelah Makan Siang? Mari disimak Langkah pencegahannya ya

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar tak mudah mengantuk setelah makan siang, seperti dilansir Livestrong, Senin (5/3/2012):

1. Batasi makanan mengandung gula dan lemak

Batasi makanan yang mengandung gula dan lemak saat makan siang untuk menghindari 'kecelakaan energi'. Gula memang dapat memberikan dorongan energi yang cepat pada awalnya, namun akan habis dengan cepat pula sehingga membuat tubuh merasa lelah. Jika ingin makan makanan manis, pilihlah buah yang memiliki rasa manis alami.

2. Makan karbohidrat kompleks

Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi, protein dan karbohidrat kompleks. Zat besi memungkinkan tubuh memproduksi hemoglobin yang diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk meningkatkan energi. Sedangkan karbohidrat kompleks memberikan glukosa pada tubuh yang berfungsi sebagai bahan bakar yang membantu fungsi tubuh, namun dicerna dengan lebih lambat sehingga tidak cepat menaikkan gula darah.

3. Jangan makan berlebihan

Batasi porsi makan siang dan hindari makan secara berlebihan. Mencerna makanan dengan porsi besar dapat membuat tubuh merasa lebih lelah dan cepat mengantuk.

4. Latihan ringan di kantor

Agar tidak mudah mengantuk, lakukan latihan ringan di kantor seperti loncat-loncat, peregangan, latihan pernapasan atau push-up. Latihan ringan ini akan dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah untuk meningkatkan energi.

5. Minum air putih yang banyak setelah makan siang

Minum air putih setelah makan siang akan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semua organ dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Kantuk adalah salah satu tanda tubuh sedang mengalami dehidrasi, jadi tidak cukup minum setelah makan siang bisa membuatnya lebih buruk.

6. Cukup tidur malam

Dapatkan minimal 8 jam tidur setiap malam untuk memberikan tubuh jumlah yang tepat untuk istirahat. Bangun pada saat yang sama setiap hari. sehingga tubuh selalu siap masuk ke rutinitas. Bangun lebih awal atau tidur terlalu sedikit dapat merusak jadwal jam biologis tubuh dan membuat Anda merasa lebih lelah di siang hari.

Semoga Bermanfaat ya.


No comments:

Post a Comment

Back To Top