Contact Us

Name

Email *

Message *

Kisah Kakek Anies Baswedan Saat Cari Pengakuan Kemerdekaan RI

Kisah Kakek Anies Baswedan Saat Cari Pengakuan Kemerdekaan RI

Kisah Kakek Anies Baswedan Saat Cari Pengakuan Kemerdekaan RI
Kisah Kakek Anies Baswedan Saat Cari Pengakuan Kemerdekaan RI
JAKARTA -- Siapa Abdurrahman Baswedan? Mungkin generasi anak muda zaman sekarang tidak banyak yang mengetahuinya. Mungkin pula nama belakang dari nama itu, Baswedan, yang sedikit tak asing di telinga masyarakat saat ini.
Ya, Abdurrahman (AR) Baswedan merupakan kakek dari Anies Baswedan yang saat ini menjadi Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah periode 2014-2019. Dua tahun pascakemerdekaan Indonesia, AR Baswedan, Menteri Muda Penerangan menjadi salah satu delegasi yang ikut rombongan Menteri Muda Luar Negeri H Agus Salim ke sejumlah negara timur tengah. Kepergian mereka ke luar negeri untuk mencari dukungan dan pengakuan negara-negara lain atas kemerdekaan Indonesia. Salah satu yang dituju adalah Mesir.
‎"Kemerdekaan itu sendiri perlu pengakuan, dan pengakuan itu datang dari negara lain. Karena itu kemudian Indonesia mengirimkan sebuah delegasi untuk mendapatkan pengakuan itu. Kakek saya panggilannya AR Baswedan. Dia jadi salah satu yang berangkat waktu itu ke Mesir," ujar Anies, Jakarta‎, Kamis (13/8/2015).
Anies mengatakan, perjalanan kakeknya bersama rombongan delegasi itu begitu sederhana. Termasuk pakaian para delegasi yang tak semewah pakaian pejabat sekarang. Bahkan, mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang tengah belajar di Mesir merasa iba saat melihat kondisi para delegasi tersebut.
"Mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang belajar di sana melihat kasihan dengan delegasi-delegasi kita yang ala kadarnya itu," ucap mantan Rektor Universitas Paramadina itu mengingat-ingat lagi kisah yang pernah diceritakan kakeknya itu.



No comments:

Post a Comment

Back To Top