Contact Us

Name

Email *

Message *

LUAR BIASA Inilah Manfaat Nanas untuk Kesehatan Kita

LUAR BIASA Inilah Manfaat Nanas untuk Kesehatan Kita



Tahukah Kamu? Minum jus nanas, cara enak hilangkan asam urat Asam urat adalah penyakit yang sangat tidak menyenangkan. 

Penyakit yang terjadi karena tingginya zat asam di dalam tubuh mampu membuat tubuh penderitanya merasa nyeri luar dan dalam. 

Bagi yang pernah menderita penyakit ini atau sedang menderitanya, pastilah sangat menyakitkan.

Selain mengonsumsi obat penyembuh asam urat yang banyak beredar, ternyata ada cara sederhana nan sehat yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan asam urat. 

Dilansir dari indiatimes.com, Minum jus nanas adalah jawabannya.
"Kandungan bromelain yang ada di dalam jus nanas mampu menghambat protein yang menyebabkan bertambahnya asam urat dalam tubuh. 

Enzim ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mencegah peradangan karena asam urat," tulis penelitian dari University of Maryland Medical Center ini. 

"Selain jus nanas, penderita asam urat juga disarankan untuk mengonsumsi seledri. Sebab seledri bersifat sebagai diuretik alami yang membantu melancarkan peredaran darah serta mengurangi peradangan."

Jadi, daripada semakin menambah bahan kimia di dalam tubuh kenapa Anda tidak mencoba cara enak di atas untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh?

Silahkan mencoba!

? Manfaat dan Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan

Buah nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) merupakan tanaman buah yang berasal dari Brasil. Di Indonesia, nanas biasanya ditanam di perkebunan dan untuk diambil buahnya. 

Subang merupakan daerah penghasil nanas terbesar di Indonesia. Buah nanas selain di makan secara langsung, bisa juga diawetkan dengan cara direbus dan diberi gula, dibuat selai, atau dibuat sirop.

Selain bermanfaat sebagai makanan, buah nanas juga berkhasiat sebagai obat tradisional. Selain itu, kandungan vitamin seperti vitamin C dan mineralnya sangat baik untuk kesehatan. 

Khasiat buah nanas antara lain mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, membantu mencernakan makanan di lambung, antiradang, peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit (agregasi platelet), dan mempunyai aktifitas fibrinolitik. 

Buah muda rasanya asam, berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik, diuretik, peluruh haid (emenagog), abortivum, peluruh dahak (mukolitik), dan pencahar.

Mengandung tinggi Vitamin dan mineral

Tinggi mengandung vitamin A dan manfaat beta-karoten, bermanfaat untuk melindungi mata dari degenerasi makula, mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Sarat dengan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan, penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh, menghancurkan radikal bebas, melawan pilek, flu dan virus, menjaga gusi sehat, dan melindungi terhadap penyakit periodontal dan kanker mulut. Mendukung sintesis kolagen, dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Mengandung Vitamin B1 (Thiamin) untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, memperkuat otot, dan meningkatkan fungsi sistem saraf yang tepat.

Mengandung Fosfor yang bermanfaat mempromosikan tulang dan gigi yang kuat, menghentikan perkembangan osteoporosis.

Merngandung Kalium untuk mengatur tekanan darah dan mendukung fungsi ginjal.

Mangan, yaitu mineral penting tidak bisa dibuat oleh tubuh juga ditemukan dalam buah nanas . Mangan mendukung perkembangan dan fungsi tulang, mempercepat penyembuhan luka, mendukung kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menstabilkan gula darah untuk mencegah diabetes dan gangguan metabolisme.

Mengandung Enzim

Nanas mengandung enzim khusus yang disebut dengan Bromelain yang memiliki sifat-sifat anti-inflamasi, bahkan memiliki khasiat yang tak kalah dengan obat-obatan ampuh seperti NSAID dan steroid, terutama jika bromelain dikombinasikan dengan rempah-rempah seperti kunyit (kurkumin). 

Bromelain berkhasiat mengurangi nyeri sendi akibat asam urat/gout dan sebagian besar jenis arthritis, mengurangi sakit tenggorokan, menghentikan perkembangan tumor baru dan menyusutkan kanker, mengurangi pembengkakan pasca operasi, menghilangkan asam lambung naik, dan enzim pelengkap untuk mempromosikan dan mempercepat proses pencernaan dan motilitas usus.

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

1. Mengobati Cacingan

Kupas 1 buah nanas muda, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, bilas dengan air masak, lalu parut. Peras dan saring hasil parutannya, lalu minumkan pada anak yang cacingan sedikit demi sedikit.

2. Lambung terasa penuh

Ketika pencernaan terganggu, lambung akan terasa penuh walaupun hanya diisi sedikit makanan. Cara mengatasinya dengan minum jus nanas 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas (kurang lebih 150 cc). Lakukan pengobatan ini 1/2 jam sebelum makan.

3. Keseleo, memar akibat terpukul

Jika Anak atau anggota keluarga lain mengalami kesleo, memar atau luka lebam, obati dengan buah nanas. Caranya, kupas 1 buah nanas yang sudah masak, potong-potong, lalu dijus. Minum air yang terkumpul sekaligus.

4. Luka bakar, gatal dan bisul

Selain enak dimakan, buah nanas juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit kulit seperti kulit terbakar, gatal pada kulit dan bisul. Caranya, cuci daun nanas sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Balurkan pada bagian yang sakit.

5. Mengobati Radang tenggorokan

Sakit tenggorokan mengganggu aktifitas anda? Kupas 2 buah nanas yang telah masak, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong, lalu dijus atau diparut. Selanjutnya, peras menggunakan sepotong kain bersih. Minum air perasan yang terkumpul, sehari 3 kali, setiap kali cukup 1/3 bagian.

6. Obat Beri-beri

Manfaat buah nanas yang lainnya adalah mengobati penyakit beri-beri. Caranya, kupas 2 buah nanas yang sudah masak, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, jus atau parut, lalu peras. Minum air perasannya sekaligus. Sebaiknya diminum pagi atau siang hari sesudah makan.

7. Peradangan di kulit (dermatitis)

Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas, baik di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.

8. Mengatasi Sembelit

Kupas 3 buah nanas yang belum masak, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, jus atau parut, lalu peras. Minum air perasannya setelah makan, sehari 2 kali, masing-masing cukup 1/2 gelas. Lakukan secara rutin hingga sembelit hilang.

9. Menghilangkan Ketombe

Sediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

10. Menurunkan berat badan

Kupas 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong, lalu dijus atau diparut. Selanjutnya, peras menggunakan sepotong kain bersih dan air perasannya langsung diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

Catatan Penting:
 ? Ibu hamil dilarang minum perasan buah nanas muda.
? Buah nanas di dalam saluran cerna difermentasi menjadi alkohol yang dapat menimbulkan kambuhnya rematik Gout.
? Penderita kencing manis (diabetes mellitus) dianjurkan untuk membatasi dalam mengonsumsi buah nanas karena kandungan gula buah yang masak cukup tinggi.
Selain bisa dikonsumsi secara langsung, ternyata buah nanas juga memiliki banyak khasiat sebagai obat tradisional. Jadi tidak adalahnya jika Anda menanam pohon ini di kebun atau belakang rumah. Baca juga buah-buahan bermanfaat lainnya seperti buah delima dan buah srikaya yang berkhasiat untuk pengobatan.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Buah nanas merupakan buah yang memiliki komponen untuk dapat menyehatkan tubuh. Nanas ini kaya akan kandungan air didalamnya. Buah yang memiliki aroma khas perpaduan antara manis dan asam ini dapat menyegarkan tubuh. Buah nanas ini selain dapat dikonsumsi secara langsung juga bisa dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu seperti dibuat dalam bentuk jus ataupun juga kripik.

Buah nanas ini merupakan buah-buahan tropis yang berasal dari Brasil. Buah nanas ini juga dapat dimanfaatkan sebagai alternative pengobatan untuk berbagai perawatan kecantikan dan kesehatan tubuh. Tentu masih banyak Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh yang terkandung dalam buah manis asam nanas ini. Berikut, merupakan manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh manusia.
Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Memperlancar Pencernaan
Nanas mengandung banyak sekali serat alami dan baik untuk melancarkan pencernaan manusia. Pencernaan yang lancar ini dapat membantu dalam melancarkan buang air besar ataupun juga diare. Vitamin C yang terkandung juga dapat membantu sembelit. Selain itu enzim protease yang terkandung pada nanas mampu mencerna protein dalam tubuh.

Membantu melunakkan makanan di dalam lambung
Kandungan enzim bromelain pada buah nanas dapat berguna untuk membantu melunakkan makanan di dalam lambung. Selain itu, enzim bromelain juga berfungsi sebagai antiradang dan penghambat pertumbuhan sel kanker.

Mengatasi sembelit
Kurangnya serat pada makanan yang dikonsumsi bisa membuat sembelit. Mengonsumsi buah yang yang banyak mengandung serat bisa mengatasi masalah sembelit. Makanan yang mengandung serat dapat berupa buah-buahan, salah satunya adalah nanas. Caranya, minum jus buah nanas. Pilih buah nanas yang tidak terlalu masak. Pilih buah nanas yang masih asam.

Mengatasi Kembung Pada Perut
Kembung sendiri disebabkan oleh gas yang berlebihan pada suatu saluran pencernaan lambung dan usus. Buah nanas dapat mengatasi atau meredakan kembung pada perut dengan cukup mengkonsumsi jus buah nanas sebelum makan.

Mengatasi kembung
Untuk mengobati gangguan kembung di dalam perut menggunakan buah nanas cukup mudah. Caranya, minum jus nanas murni paling tidak 30 menit sebelum Anda menyantap makanan. Lakukan 3 kali dalam sehari dengan takaran 150 cc sekali minum.

Mengatasi Flu dan Demam
Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat cocok bagi penderita flu ataupun demam untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Nanas mampu membantu melancarkan hambatan yang ada pada tenggorokan sehingga flu seperti batuk dapat cepat sembuh. Vitamin C yang terkandung juga dapat membantu memerangi virus yang menyebabkan flu.

Menjaga Kesehatan Gigi
Kesehatan pada gigi tentu harus terus dijaga, salah satunya dengan buah nanas yang kandungan vitamin C nya mampu membantu pencegahan plak pada gigi yang dapat menimbukan nyeri pada gusi gigi. Tentu juga harus diimbangi dengan perawatan kesehatan gigi lainnya seperti rajin menggosok gigi dan perawatan khusus lainnya . Baca Juga: Cara Alami memutihkan gigi

Mengobati Peradangan Kulit
Nanas mampu mengobati masalah pada peradangan kulit seperti kulit yang mengelupas atau bersisik. Caranya cukup mudah yaitu hanya perlu menggunakan nanas yang telah diparut. Lalu tempelkan hasil parutan tersebut ke bagian kulit yang bermasalah. Tempelkan pada malam hari hingga pagi hari baru dapat dibersihkan dengan air bersih.

Menghaluskan Kulit
Selain dapat mengatasi permasalahan seperti pada peradangan kulit. Nanas juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Karena, kandungan air yang ada pada buah nanas dapat mengangkat sel kulit mati.

Mengobati Asam Urat
Para ahli dan pakar telah merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung enzim bromelain dan kalium untuk mengatasi asam urat. Kandungan tersebut bersifat diuretik yang mampu membantu mengatasi masalah asam urat. Tentu tidak mengonsumsi nanas terlalu matang, karena dapat mengakibatkan kadar asam urat naik.

Menyuburkan Rambut
Kandungan senyawa Cystine dapat membantu menyuburkan dan menunda penuaan pada rambut. Senyawa cystine pada buah nanas ini dapat membantu dalam proses pembentukan kulit dan juga rambut. Dengan adanya senyawa cystine ini pula dapat memperlambat proses penuaan. Info selengkapnya baca di Cara alami mengatasi rambut rontok

Meredakan Radang Tenggorokan
Vitamin C yang terkandung sangat baik untuk mengatasi dan meredakan radang pada tenggorokkan. Saat ini memang banyak sekali cara untuk meredakan radang tenggorokan. Tapi tidak dengan cara dan bahan yang alami seperti dengan buah nanas ini. Cobalah konsumsi buah nanas dalam bentuk yang sudah diolah seperti jus.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Nanas mengandung kandungan asam amino yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Asam amino memang sudah terkenal ampuh untuk mengatasi rasa lelah atau lain sebagainya. Untuk itu rajin mengonsumsi buah nanas ini setiap hari akan dapat membantu tubuh lebih sehat dan bugar.

Menurunkan Tekanan Darah
Buah Nanas mengandung kaya akan kalium yang sangat bermanfaat untuk penderita darah tinggi. Kandungan serat yang ada didalamnya pun sangat membantu untuk mencegah lemak terserap di dalam saluran pencernaan. Sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari untuk dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Meningkatkan gula darah
Karena mempunyai kadar gula yang lumayan tinggi, buah nanas baik untuk penderita kadar gula rendah. Mengonsumsi nanas bisa membantu meningkatkan kadar gula darah.

Menurunkan Berat Badan
Buah nanas sangat cocok untuk menu program diet untuk menurunkan berat badan ideal. Kandungan enzim yang terdapat pada nanas ini mampu menyerap lemak pada pencernaan sehingga akan terbuang bersamaan dengan feses. Enzim tersebut bernama Proteiolitik. Selain itu, vitamin c juga dapat membantu dalam proses pembakaran lemak agar tidak menumpuk didalam tubuh.

Mengatasi Ketombe
Nanas juga dapat berperan sebagai perawatan untuk rambut. Salah satunya ialah mengatasi ketombe yang menggangu. Cara mengatasinya sangat mudah, hanya perlu menambahkan air perasan nanas yang telah ditambah dengan jeruk nipis yang bisa langusng diaplikasikan di kulit kepala yang berketombe.

Meningkatkan Kualitas Sperma
Buah nanas sangat cocok untuk pria yang belum diberikan keturunan. Nanas dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Untuk itu, konsumsi nanas secara rutin dapat mengatasi permasalahan keturunan.

Khasiat Nanas

Kebiasaan menikmati buah sangatlah bagus untuk dipertahankan sebab buah merupakan komponen yang mampu menyehatkan tubuh. Seringkah anda menyantap buah-buahan setiap hari? 
Jika belum, tak ada salahnya anda mencoba buah nanas. Kandungan airnya yang melimpah bisa mengusir dahaga amda seketika. Perpaduan manis dan juga asamnya akan membuat anda ingin menyantapnya lagi dan lagi bahkan menimbulkan efek ketagihan. Dan tak ada alasan yang bisa membuat kita menolak buah dengan bentuk yang unik ini. Oleh karena itu, 

Khasiat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh sangatlah nyata.

Selain bermanfaat sebagai bahan makanan, buah nanas juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alternatif serta perawatan kecantikan. Hal ini disebabkan karena nanas memiliki banyak zat gizi dan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nanas kaya akan vitamin A dan B yang bersifat antioksidan. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromealin, Suatu enzim protease yang bekerja sebagai pemecah protein. Nanas juga mengandung cukup banyak serat. Khasiat Nanas diantaranya yaitu :

1. Menguatkan Kemampuan seksualitas.
2. Mengatasi masalah kekurangan darah.
3. Mengatasi masalah radang sendi

Nanas merupakan salah satu buah yang populer untuk menguatkan tulang salah satuanya masalah radang sendi. kandungan mangan di dalam nanas dibutuhkan untuk membentuk struktur tulang lebih padat. Anda bisa memperoleh setidaknya 73% mangan dengan mengkonsumsi nanas dalam sehari.

4. Mengobati pembekuan atau penggumpalan pada darah, yang sering menyebabkan penyumbatan darah yang akan mengakibatkan hipertensi dan gangguan pada jantung.
5. Mengurangi masalah kegemukan
Kupas 1 buah nanas yang tidak terlalu matak potong menjadi beberapa bagian, cuci hingga bersih, masukan potongan nanas kedalam juicer atau parutan bisa anda tambahkan madu murni, kemudian ambil sarinya lalu sarinya tersebut bisa diminum sekitar sehari 1 kali diminum sebelum makan.
6. Berguna pada kondisi sedang keracunan.
7. Menguatkan atau mengencangkan kulit wajah apabila sari buahnya dijadikan masker untuk wajah.
8. Membantu melancarkan pencernaan.
9. Mengobati beri-beri yang disebabkan kekurangan vitamin B, didalam nanas terkandung vitamin b yang berfungsi untuk memaikan peranan penting dalam metabolisme sel.
10. Mengobati asam urat

Enzim bromealin dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang sangat efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat. Namun, janganlah anda mengkonsumsi nanas yang terlalu matang karena nanas memiliki kandungan alkohol yang akan mengakibatkan kenaikan kadar asan urat.
11. Mencegah batuk akibat deman dan flu
Nanas memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu memerangi virus penyebab flu. sekalipun anda sedang menderita flu, nanas sangatlah efektif sebagai abat alami. Kandungan bromealain didalam nanas yang sanagt membantu melancarkan proses pengenceran dahak sehingga batuk lekas sembuh.
12. Mengatasi perut kembung
Nanas mengandung zat bromealain, yaitu zat yang mampu membantu memecahkan makanan sehingga dapat mengurangi kembung dalam sakit perut. Selain itu bromealain juga sangatlah efektif untuk mengurangi peradangan setelah operasi. Mengobati pembengkakan pada hidung saat mengalami infeksi sinusitis, dan mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

Khasiat lainnya
? Mengatur kelenjar tiroid dan mengurangi resiko gondok
? Mengurangi pembengkakan tenggorokan akibat bronkitis dan asma
? Menurunkan tekanan darah.
? Mengeluarkan parasit dari hati dan usus
? Meredakan sembelit
? Mencegah mual
? Rendah kalori untuk menurunkan berat badan
? Mengandung pektin tinggi yang membantu mengeluarkan logam berat dan racun dalam tubuh
Mengandung agen Anti pembekuan darah

Manfaat Nanas diatas memang sangat membantu anda semua untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan masihlah banyak dan tentunya akan sangat baik untuk kesehatan anda.

Demikian segudang khasiat dan manfaat buah nanas yang jarang disadari oleh banyak orang. Jadi jangan ragu untuk mengambil buah yamg murah meriah ini untuk melepaskan rasa dahaga Anda sehabis beraktifitas. 

Semoga Bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Back To Top