Contact Us

Name

Email *

Message *

INGAT makanan Bersantan Jangan Dipanaskan Berulang Kali!

INGAT makanan Bersantan Jangan Dipanaskan Berulang Kali!



Masih ada Sisa menu lebaran di rumah anda? Sebaiknya hindari memanaskannya berulang kali. Opor ayam dan rendang kerap menjadi menu wajib dihidangkan di saat Idul Fitri. Jenis makanan ini biasanya dimasak dalam jumlah besar agar bisa dihidangkan untuk beberapa hari. Ketika ingin dikonsumsi, makanan-makanan tersebut tinggal langsung dihangatkan.

Menurut dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Nurul Ratna, menghangatkan makanan sisa memang memberi kepraktisan di saat Idul Fitri. Namun, cara menghangatkan makanan yang sering dianggap wajar ini sebetulnya bisa membahayakan kesehatan.


"Bila terlalu sering dihangatkan, kadar garam dalam makanan bersantan bisa meningkat. Ini tentunya membahayakan orang-orang yang memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi," ujar Nurul kepada Beritasatu.com di Jakarta, belum lama ini.
 Tidak hanya garam, kandungan lemak jenuh di dalam santan juga bisa semakin meningkat, sehingga risiko terkena penyakit kolesterol tinggi akan menjadi besar. "Jadi, kalau ingin menghidangkan masakan bersantan seperti opor ayam atau rendang, sebaiknya secukupnya saja untuk kebutuhan satu hari," sarannya.
Nurul juga berpesan untuk mengimbangi makanan berlemak dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak serat. "Konsumsi serat setelah makan makanan berlemak dapat membantu mengikat lemak agar tidak mudah diserap oleh tubuh," papar Nurul.



No comments:

Post a Comment

Back To Top